Apa yang Seharusnya dipelajari untuk Jadi Copy writer handal



 Ada konten di akun ig @rahardjasapoetra yang menunjukkan sebuah hal mendasar tentang copy writing. Yaitu bagaimana tulisan ini nampak sebagaimana umumnya dan apa yang ternyata tersembunyi di baliknya. Yang tak terlihat ini seolah bukan fokus penulis juga pembaca. Padahal yang tak nampak itu sebenarnya hal-hal yang lebih penting. Jika tak diperhatikan, tak dipelajari, bisa mempengaruhi hasil dari pencapaian tulisan copy.



Sang pemilik akun yang merupakan copy writer kawakan ini menyamakan dengan fenomena gunung es. Dimana apa yang terlihat di permukaan, copy writing itu mudah, karena hanya mempelajari hal-hal seperti yang ada dalam gambar. Seperti pemasaran, formula, media, serta yang lainnya. Padahal sebenarnya, ada bagian tersembunyi yang menjadi landasan sampai sebuah pembuat tulisan copy disebut master, tidak hanya faktor yang nampak. Ada tentang tata bahasa dan gayanya, retorika, SEO, hypno writing, dan sebagainya.


Dari hal-hal yang disampaikan inilah, aku menyimpulkan bahwa harus menguasai apa yang ada di dalam lautan, tempat dasar gunung es. Karena itulah yang sebenarnya dikuasai untuk sebuah keahlian yang  meroket. Yaitu hasil tulisan yang lebih baik.


Dari kesemuanya, aku menyesuaikan dengan diri sendiri. Mana saja yang harus kupelajari lebih dalam, berdasarkan:

- waktu dan kondisi diri plus lingkungan keluarga

- prioritas keahlian yang mendesak serta penting. Dimana ada beberapa yang aku sudah menguasai sehingga bisalah ditinggalkan. Lalu fokus pada apa yang belum kukuasai namun harus segera dieksekusi.

-strong whyku menekuni copy writing


Maka, inilah ilmu yang butuh kupelajari dan setelah ini:

  • SEO

  • Formula++ copy writing

  • Peta pikiran untuk mengumpulkan hasil riset lalu menerapkan dalam kerangka karangan.

  • Hypno writing


Dari ilmu di atas, harus dipastikan sesuai dengan prinsip belajar I CAN. Berikut penjelasannya:

  • Intellectual Curiousity

Dengan belajar empat hal di atas, aku bisa memenuhi rasa ingin tahu tentang copy writing yang baik serta

  • Creative Imagination

 Aku harus bisa semakin kreatif dalam menulis dan menerapkan ilmu.  Aku juga harus semakin bisa melakukan berbagai cara untuk mendalami ilmu lebih lanjut

  • Art of invention

Aku musti makin terampil untuk mencari sumber ilmu baru. Bahkan harapannya aku bisa menciptakan ilmu-ilmu baru lagi.

  • Noble of attitude

Dari apa yang kutulis dan kusampaikan pada pembaca, haruslah juga bisa membawaku menjadi insan yang lebih baik.  Juga membuat aku semakin giat dan produktif dalam menulis, meski dalam waktu terbatas



Komentar

Postingan populer dari blog ini

No Hoax dengan Copywriting yang Optimal

5 Langkah Kecil Mewujudkan Lingkungan Inklusif

Lebih Mudah dan Murah, Cobalah Healing by Writing