No Hoax dengan Copywriting yang Optimal
Ini adalah menu pembuka untuk ulat 'Makk sett! Jadi'.
Ya, di pekan pertama menjadi ulat, ijinkan saya mempersembahkan oleh-oleh dari keikutsertaan sebuah event. Yaitu Sharing Session Ilustra IP Banten.
Senang rasanya saat hati akhirnya mantap memilih copywriting sebagai ilmu yang akan fokus dipelajari selama Buncek, eh ternyata ada event ini. Terimakasih untuk seluruh panitia dan narasumber yang oke punya! <3 <3
Oke, baiklah, sebagai pemanasan di tahap ulat, inilah ulasan saya tentang semua materi dalam event di atas.
---
Anda, saya, dan semua makhluk Allah wajib menyampaikan kebaikan. Sekecil apapun itu. Apalagi di masa sekarang, dimana gempuran hoax dan ujaran - ujaran negatif merajalela. Konten - konten kebaikan harus bisa lebih banyak jumlahnya. Supaya apa yang kita sampaikan dapat memberi manfaat bagi sesama.
Stop hoax! Giatkan berkarya yang mulia! |
Tak hanya segi kuantitas. Ujaran kebajikan harus lebih unggul dalam kualitas. Orang - orang berniat buruk di luar sana memiliki berjuta cara untuk menyampaikan maksud negatifnya. Maka, kita tak boleh kalah. Kita harus berjuang, memperbaiki diri dan cara serta tampilan apa yang kita sampaikan.
Tampilan cantik untuk konten baik(sumber: ig @evariyanim) |
Media sosial menjadi alat komunikasi yang efektif dalam menebar hal baik. Akun yang dipoles dengan kreatif dan terpercaya, akan memiliki banyak follower sebagai penerima kebajikan yang kita sampaikan. Melalui konten di dalamnya, semoga menjadi cara kita mengajak orang lain untuk berbuat yang mulia.
'Branding adalah suatu upaya
mempromosikan diri/ komunitas sebagai
merek dengan membentuk citra
diri/komunitas sehingga mendapatkan
kepercayaan dari masyarakat umum.' (dalam modul materi Branding Medsos pada Sharing Sessiin Ilustra Ibu Profesional Banten, 17, 19, 21, Januari 2022). Maka dengan branding yang tepat, apa yang disampaikan dalam sebuah akun sosmed bisa lebih berdampak luas.
Sumber: Materi Branding Sosial Media |
Narasumber kedua menggunakan contoh akun Ibu Profesional yang memiliki komitmen tersendiri dalam membuat isi medianya. Di sana ada poin penting yang harus diperhatikan
Sumber: Materi Branding Sosmed |
Sebutlah insight/statistik. Sebuah layanan dari akun medsos supaya penggunanya mendapatkan banyak hal. Seperti dalam instagram, pengguna bisa mengetahui jumlah akun yang dijangkau, akun yang berinteraksi, dan total pengikut. Mereka dapat pula mengetahui usia, jenis kelamin, serta kota tempat tinggal pengikut sebenarnya. Ada pula prosentase dimana para pengikut terbanyak membuka akun kita pada hari dan jam berapa.
Hasil insight akun @evariyanim tanggal 27 Januari 2022 |
Jika sudah mendapatkan hasil analisis, kita bisa melanjutkan pengoperasian medsos untuk menebar kebaikan dengan langkah yang lebih efektif dan efisien.
Optimalisasi Medsos
Sebagaimana pleidoi 'Love at the first sight', penampakan sebuah konten harus menarik. Harus di desain dengan tepat dan penuh kreasi. Desain grafis merupakan media dalam
menerjemahkan komunikasi
secara visual dalam bentuk
gambar, teks, video, dan lainnya. Desain yang eye catching mampu menarik perhatian banyak orang untuk kemudian menyelami isi lebih dalam.
Tak bisa main- main, mendesain harus memperhatikan apa yang dinamakan prinsip dan unsur dalam desain. Inilah yang membuat hasil desain lebih indah dan efektif untuk menebar kebaikan lebih luas. Menurut pemateri pertama dengan topik, 'Design Mudah dengan Smartphone', inilah prinsip dan unsur tersebut:
Namun, gambar saja masih kurang. Butuh hal penting yaitu penjelasan yang menyertai gambar ini. Maka di sinilah permainan kata - kata dibutuhkan.
Bermain kata
Adalah copy writing namanya. Sebuah seni sekaligus ilmu untukmemilih dan merangkai
kata yang membuat orang lain melakukan tindakan yang kita inginkan (Anjarwaty, SEO dan Copywriting, Main Kata dalam Bermedia, 2022).
Copywriting dapat digunakan dalam deskripsi flyer, konten medsos, landing page, email marketing, konten website, company profile, berita online, dan deskripsi produk. Dimana kita bisa dengan bebas menyisipkan ujaran- ujaran untuk mengajak orang berbuat baik.
Nah adapun tujuan dari copywriting ini dapat dirangkum menjadi:
sumber: Materi ketiga |
Untuk membuat copywriting harus memperhatikan prinsipnya. Yaitu harus jelas, punya tujuan/segmen audiens yang spesifik, membuat orang tertarik dengan kalimat
berima, indah, dan unik, disampaikan dengan teknik bercerita/ story' telling, dan terakhir harus mengandung informasi tentang bagaimana pembaca bersikap setelah selesai membaca. Ini disebut call to action. Misal dengan menghubungi nomor yang tertera untuk membeli barang atau mengikuti acara, membuka website lain, dan lainnya.
Teknik SEO untuk Copywriting
Copywriting memang tak bisa sembarang. Ada beberapa teknik yang bisa diterapkan. Karena kembali lagi pada tujuannya, supaya lebih optimal menggaet pembaca. Hingga akhirnya bisa memberi manfaat positif. Adapun salah satu teknik yang digunakan adalah riset.
Nah dalam riset ini, ada poin yang tak kalah penting. Yaitu SEO (Search Engine Optimalization). Namanya juga bermain kata, sebuah copy writing harus memperhatikan hal ini.
SEO adalah upaya mengoptimasi website agar
mendapat ranking teratas dari hasil
pencarian Google. Dengan SEO,
situs akan mudah ditemukan orang
sehingga berpotensi menyedot
lebih banyak traffic (Anjarwaty, SEO dan Copywriting
Main Kata dalam Bermedia, 2022)
Dengan SEO dalam menulis konten, kita bisa memperbanyak manfaat dari
konten baik, sekaligus meningkatkan traffic, dan merupakan strategi pemasaran yang efektif. Maka konten - konten bermanfaat kita dapat mudah menyingkirkan ujaran - ujaran keburukan yang telah beredar di dunia maya.
SEO menuntun kita menemukan keyword atau kata kunci yang tepat. Yaitu rangkaian kata yang paling mudah muncul di mesin pencari informasi semacam google. Dengan keyword yang pas, hasil copywriting kita, bisa menjadi rekomendasi utama saat ada yang mencari sebuah topik di google.
Adapun keyword bisa digunakan pada judul, permalink, headline, dan konten. Ini adalah salah satu jenis SEO onpage yaitu menggunakan trik dalam website sendiri.
Lalu, bagaimana menemukan keyword yang pas? Itulah hasil dari keyword research. Sebagaimana telah diungkapkan di atas, bahwa dengan keyword research, kita bisa membuat konten populer, sehingga meningkatkan potensi ditemukan oleh audiens. Dan diam- diam kita bisa meningkatkan trafik kunjungan dalam media sosial tempat copywriting berada.
Hasil pencarian keyword |
Adapun cara keyword research dalam SEO onpage adalah dengan menggunakan situs:
- moz.com
- adwords.google.com
- trends.google.com
- wordtracker.com
- neilpatel.com/ubersuggest
- Keywordtool.io
Jika sudah mendapatkan rekomendasi keyword yang populer, segeralah menulis. Tebar kebaikan dan kebermanfaatan
Masih bingung caranya? Simak infografis berikut, semoga bisa memantik kalimat - kalimat selanjutnya. Juga tulisan - tulisan baru setelahnya. Kesemuanya dicuplik dengan izin pada panitia dan narasumber Sharing Session Ilustra IP Banten. This is it!
Referensi:
Modul SEO DAN COPYWRITING DALAM BERMEDIA oleh Restu Anjarwaty, 2022.
Modul BRANDING SOSIAL MEDIA
oleh Sherly Indria dan Jelsy Estavani, 2022.
Modul DESIGN GRAFIS, Design mudah dengan Smartphone oleh Rachmawati, 2022.
Komentar
Posting Komentar
Terima kasih atas tanggapannya :)